Report: Social media & civil society in Indonesia (updated)

DIPERBARUI/UPDATED 7/5/2011

(English version below)

Beberapa saat yang lalu saya dan mbak Shita Laksmi mempost di blog ini sebuah permintaan tolong untuk berpartisipasi dalam sebuah studi yang dilakukan bersama oleh Manchester Institute of Innovation Research (MIOIR), Universitas  of Manchester UK dan  HIVOS Netherlands Regional Office Southeast Asia mengenai media sosial dan peranserta sipil di Indonesia. Studi ini telah berakhir dan laporan lengkap bisa didownload di sini.  Laporan dalam Bahasa Inggris akan sudah dirilis di MIOIR pada hari Senin 4 April 2011 3-5 sore (silakan daftar lewat email saya) dan di Universitas Salfor hari Rabu jam 2.30-4.30 sore (silakan daftar di sini). Dalam acara rilis laporan tersebut juga akan telah dilakukan pemutaran film dokumenter  tentang media sosial dan gerakan sosial di Indoensia, @linimas(s)a, yang juga didanai sebagian oleh HIVOS. Cuplikan film tersebut bisa disaksikan di sini.

Laporan ini diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh mas Aresto Yudo Sujono (@arestoyudo) dan diedit oleh mas BlontankPoer (@blontankpoer). Rencananya, laporan versi Bahasa Indonesia ini akan dirilis -bersamaan dengan pemutaran penuh film @linimas(s)– di Jakarta, 12 Mei 2011 dalam sebuah acara yang diselenggarakan bersama-sama oleh Internetsehat, ICTWatch, WatchDOC, AkademiBerbagi dan HIVOS di Goethe Institute jam 6-9 malam (konferensi pers jam 3-5 sore). Silakan hadir. Versi Bahasa Indonesia laporan Citizens in @ction / @ksi Warga bisa diunduh di sini.

Dengan ini, maka saya sebagai peneliti ingin mengucapkan terima kasih kepada ANDA SEKALIAN yang sudah berpartisipasi dalam survey ini dalam beberapa peran: terlibat dalam survey, menjadi narasumber interview, menjadi narasumber observasi, peserta workshop, dll. Laporan ini adalah pertanggungjawaban publik saya 🙂

Sekali lagi, TERIMA KASIH.

Yanuar Nugroho (dan Shita Laksmi)

(Indonesian version above)

A while ago, I and Shita Laksmi posted here an invitation to take part in a study conducted collaboratively by the Manchester Institute of Innovation Research (MIOIR) at the University of Manchester UK and HIVOS Netherlands Regional Office Southeast Asia on social media innovations and civic engagement In indonesia. The study has now concluded and the full report can be downloaded here. The report will be was launched at MIOIR on Monday 4 April 2011 at 3-5pm (register by emailing me) and at the University of Salford on Wednesday 6 April 2.30-4.30pm (register here). In the launching event, the documentary on social media and social movement in Indonesia, @linimas(s)a (timeliner(s)), which was also co-funded by HIVOS will was also be screened. The trailer (with English subtitle) can be viewed here.

The Indonesian version of the report is translated and edited by my colleagues Aresto Yudo Sujono (@arestoyudo) and BlontankPoer (@blontankpoer). The Indonesian version is tentatively scheduled for launching -also with the screening of @linimas(s)a- in Jakarta on the 12 May 2011 in a joint event by Internetsehat. ICTWatch, WatchDOC, AkademiBerbagi, and HIVOS, at the Goethe Institute at 6-9pm (press conference 3-5pm). Please do come. The Indonesian version of the report – @ksi Warga/Citizens in @ction – can be downloaded here.

I (and Shita) would like to thank you for all your help and participation in the research in various roles: survey respondents, interviewees, informants, experts, etc. This report is my public accountability to you 🙂

Again, THANK YOU.

Yanuar Nugroho (and Shita Laksmi)

  1. Sunday, 24 April 2011 at 3:27 pm

    Wah menarik yah mas…kapan nih saya diajak…salam dari blog guru dan para guru Dari Medan

  2. Tuesday, 26 April 2011 at 7:06 pm

    terima kasih. kapan-kapan kalau saya ke medan, saya akan kabari. soal riset, dengan senang hati jika ada kelanjutannya -dan memungkinkan- akan saya undang terlibat.

  3. Friday, 6 May 2011 at 3:59 am

    rencananya, kita ketemu di jkt bsk tgl 12. tapi karena dibatalkan, ngga jadi ketemu kita… ijin downlod artikelnya ya mas…

    kepsek @akberjogja

  4. Monday, 30 May 2011 at 4:20 am

    Menarik hasil risetnya.

  5. Monday, 30 May 2011 at 10:49 am

    Ini yang terkait Bangsa Facebook kan? 😀

  6. Saturday, 16 July 2011 at 10:34 am

    terima kasih untuk berbagi laporannya.. :)) saya semakin tertarik dengan socmed 😉

  7. Thursday, 21 July 2011 at 2:20 am

    Salam kenal pak Yanuar Nugroho, Saya Sabar Rina pegiat radio komunitas di Padang Sago, Padang Pariaman. Saya tertarik dengan kajian Anda dan mohon izin untuk mengunduh hasil penelitian ini

  8. Wednesday, 10 August 2011 at 6:14 am

    Salam kenal Pak Yanuar, saya Esti seorang mahasiswa yang tertarik dengan digital media khususnya sosial media dalam perkembangannya di masyarakat baik secara sosial, ekonomi, budaya, hingga politik. Menarik sekali kajian yang telah anda lakukan dan saya ingin sekali dapat berdiskusi langsung dengan anda tentang masalah di atas. Bagaimana jika diadakan forum diskusi lagi di Jakarta? :). Terima kasih.

  9. Tuesday, 28 February 2012 at 6:23 am

    salam kenal pak yanuar,keren banget,pengen ikut tapi jauh,coba kalau adanya di pekanbaru ya…….

  1. Friday, 13 May 2011 at 8:26 am
  2. Friday, 27 May 2011 at 10:24 am
  3. Saturday, 19 December 2020 at 4:58 am

Leave a comment