menjadi editor tamu di Internetworking Indonesia Journal

Tuesday, 20 December 2011 Leave a comment Go to comments

Kira-kira pertengahan tahun lalu (2010), Chief Editor jurnal khusus Indonesia “Internetworking Indonesia Journal” (IIJ), pak Thomas Hardjono menghubungi saya. Beliau meminta saya menjadi anggota Technical Editorial Board. Sebuah undangan yang langsung saya sambut dengan antusias (selama ini menjadi reviewer di jurnal lain – mengapa tidak untuk jurnal berorientasi Indonesia?🙂 ). Lantas tak lama, pak Thomas mengusulkan agar saya dan kolega baik saya, teh Merlyna Lim menjadi editor tamu untuk special issue di IIJ. Sebuah permintaan yang juga langsung saya dan Mer sanggupi.

Maka call for papers (CfP) pun digelar. Fokusnya adalah “Dampak & Aspek Sosial dari Internet” – sesuai keahlian saya dan Mer. Setelah beberapa saat, kami pun menerima sejumlah kiriman artikel. Semuanya menarik, semuanya bagus. Tetapi tentu ada yang memenuhi syarat untuk terbit sebagai karya ilmiah, ada yang belum. Jadi sebagian saya dan Mer tolak (percayalah menolak adalah hal yang paling saya benci sebagai editor/reviewer – tetapi apaboleh buat, standar karya harus diutamakan). Setelah memilih sejumlah tulisan yang kami “terima dengan syarat”, mulailah kerja (keras) bekerja sama dengan para penulisnya untuk memberi mereka masukan guna merevisi tulisan-tulisan tersebut.

Akhirnya, Desember 2011, selesailah edisi khusus ini. Seperti kami tulis dalam introduksi, edisi khusus ini mencerminkan tak hanya kekayaan ide para penulisnya, tetapi juga (semoga) generasi baru yang mau menulis tentang dampak dan aspek sosial (non-teknis) dari perkembangan teknologi komunikasi ini (Mer dan saya memang termasuk generasi “awal” yang menulis hal-hal ini).

Silakan dinikmati edisi khusus IIJ ini. Karena prinsip IIJ, walau bersifat internasional dan berkedudukan di AS, IIJ bisa diakses gratis dari Indonesia. Jadi silakan langsung ke TKP🙂

Terima kasih untuk mbak Mer, co-editor yang canggih🙂 dan untuk mas Thomas Hadjono – dan tentunya para penulis sekalian.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

