Home > Uncategorized > Rehat

Rehat

Tuesday, 2 December 2014 Leave a comment Go to comments

IMG_20141127_185934688Sejak memulai studi doktoral tahun 2004, nyaris tak ada jeda dalam hidup saya. Usai PhD akhir 2007, saya langsung menjadi post-doc fellow, lalu delapan bulan kemudian diangkat menjadi Research Associate, dipromosikan sebagai Research Fellow tahun 2010, dan Lecturer B tahun 2012. Semuanya di University of Manchester. Belum juga pekerjaan sebagai Lecturer B (satu step sebelum Senior L) dimulai, saya ditarik pulang kembali ke tanah air untuk bergabung sebagai Asisten Ahli Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) sejak Oktober 2012. Duapuluh lima bulan setelahnya adalah hidup profesional yang sangat intensif karena bekerja di jantung saraf republik. Karena keluarga tinggal di Jogjakarta, maka meretas jarak Jakarta-Jogja sebulan sekali atau dua kali menjadi bagian dari hidup. Setahun terakhir ini malah meretas jarak setengah bola dunia sebagai bagian dari tim negosiator Indonesia untuk PBB dalam penyusunan agenda pembangunan global pasca-2015 yang mengharuskan seminggu dalam sebulan sejak Desember 2013 sd September 2014 bekerja di New York.

Tanggal 30 November 2014, term kerja saya dengan UKP4 berakhir. Dan saya putuskan untuk mengambil jeda. Istirahat sejenak. Ke Jokjakarta. Berkumpul kembali dengan keluarga. Sembari mengendapkan seluruh pengalaman dan keterlibatan yang sudah diperoleh selama ini. Baik pengalaman profesional dan personal. Baik keterlibatan rasional maupun keterlibatan afektif. Lalu memikirkan apa yang akan saya lakukan ke depan. Bersama dengan keluarga. Dan bersama orang(-orang) yang saya cintai dan mencintai saya.

Kata Soe Hok Gie dalam puisinya “Mandalawangi-Pangrango (1967)”:
Hidup adalah soal keberanian,
Menghadapi yang tanda tanya
Tanpa kita bisa mengerti, tanpa kita bisa menawar
Terimalah, dan hadapilah”

Jokjakarta, 2 Desember 2014.

PS. Setelah sekian lama tidak ngeblog, mungkin selama rehat ini, saya punya waktu lebih banyak untuk menulis. Mungkin. Jelas ini bukan janji 🙂

Categories: Uncategorized
  1. nayarini
    Tuesday, 2 December 2014 at 8:53 pm

    …wahhhh, nganti lumuten blogmu mas. welcome back !!! 😀

  2. Wednesday, 3 December 2014 at 1:39 am

    welcome back Om

  3. Thursday, 4 December 2014 at 12:57 am

    ditunggu tulisan tulisannya mas Bro he he he modus nagih ingat masa mahasiswa dulu ya kuselalu menagih sumbangan tulisan darimu Mas Yanuar

  4. Rusman
    Thursday, 4 December 2014 at 3:20 am

    selamat menikmati rehat yang sangat berharga ini. Ketika terakhir bertemu di kuliah umum di ITB beberapa bulan lalu, sebetulnya ingin bertukar pikiran dengan Mas Yanuar tentang apa yang bisa aku kontribusikan bagi negeri ini lewat bidang keahlian saya di mitigasi gas rumah kaca. Semoga di lain waktu ada kesempatan untuk ini

  5. Tuesday, 7 April 2015 at 6:08 pm

    Salam, ini p.ferry sw yang aktif di Eco Camp (www.ecolearningcamp.org) dan sejak 1994 tdk pernah jumpa lagi. Hanya sering dengar nama YN disebut dan ditulis. Kapan ke bdg ? Mungkinkah jadi nara sumber utk kami di bdg ?

  1. No trackbacks yet.

Leave a comment