Survey: Internet, social media, dan komunitas sipil di Indonesia

Monday, 6 September 2010 Leave a comment Go to comments

Rekan-rekan sekalian, para pegiat Komunitas/Kelompok/Jaringan/Organisasi Masyarakat Sipil di Indonesia,

dimanapun Anda berada

Saat ini kami, Yanuar Nugroho dan Shita Laksmi dari Universitas Manchester UK dan HIVOS, ingin mengundang Anda sekalian untuk berpartisipasi dalam survey untuk mengetahui bagaimana komunitas/kelompok/lembaga/jaringan/organisasi masyarakat sipil di Indonesia memanfaatkan teknologi informasi, khususnya internet dan social media. Survey ini ditujukan untuk komunitas/kelompok/lembaga/organisasi bukan perorangan. Cukup satu orang mengisi untuk satu komunitas/kelompok/lembaga/organisasi.

Ada beberapa kemungkinan mengikuti/mengisi survey ini.
  • Pertama, melalui survey online – silakan klik link ini, atau copy and paste-kan pada browser Anda: http://mbs.qualtrics.com/SE?SID=SV_0cEQLkCyokGzZME
  • Kedua, melalui form MS-Word. Silakan download di sini dan setelah diisi dan disave, kirimkan kepada saya dan/atau mbak Shita di alamat email kami di bawah.
  • Ketiga, melalui form Open Office (ODT). Silakan download di sini dan setelah diisi dan disave, kirimkan kepada saya dan/atau mbak Shita di alamat email kami di bawah.

Dari beberapa kali ujicoba sebelumnya, untuk menyelesaikan survey ini, baik online maupun MS-Word ataupun ODT, dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit. Jika Anda memilih alternatif mengisi survey melalui MS-Word ataupun ODT, mohon email kami untuk mendapatkan file-nya: yanuar.nugroho@manchester.ac.uk atau s.laksmi@hivos.or.id.

Survey ini dibuka selama bulan Agustus dan September 2010. Seluruh data yang didapatkan dari survey ini akan diperlakukan secara rahasia dan hanya akan diolah dalam bentuk agregat dan digunakan hanya untuk kepentingan studi ini.

Untuk mengucapkan terima kasih kepada para responden survey ini, kami akan menentukan secara acak (mengundi) 5 (lima) responden yang masing-masing akan mendapatkan satu external harddrive 500GB.

Karena survey ini ingin melibatkan sebanyak mungkin komunitas/kelompok/lembaga/jaringan/organisasi masyarakat sipil di Indonesia, kami mohon bantuan untuk menyebarluaskan seluas-luasnya survey ini ke lembaga/organisasi/kelompok/komunitas/jaringan lain yang Anda kenal, atau didalamnya Anda terlibat.

Sekilas tentang survey ini:

  • Penelitian ini mempunyai dua konteks utama. Pertama, keterlibatan dan pengaruh komunitas/kelompok/lembaga/jaringan/organisasi masyarakat sipil dalam penentuan kebijakan dan pengambilan keputusan publik makin hari makin meningkat. Kedua, perkembangan teknologi informasi, khususnya internet dan social media, serta pemanfaatannya juga makin pesat dan meluas.
  • Karena itu, selain mencoba mengumpulkan data dan mengidentifikasi sejauh mana komunitas/kelompok/lembaga/jaringan/organisasi masyarakat sipil di Indonesia menggunakan teknologi internet dan social media, penelitian ini juga menggali bidang-bidang apa saja, saat ini dan di masa depan, dimana teknologi ini bisa dimanfaatkan secara kreatif, cerdik dan strategis untuk membawa agenda perubahan dan perbaikan sosial di Indonesia. Jika hal ini tercapai, mungkin inilah sumbangan paling bermakna dari penelitian ini bagi perkembangan sektor masyarakat sipil di Indonesia. Di sinilah arti penting partisipasi Anda  dalam survey ini.
  • Sejauh ini, kami mencoba mengundang sebanyak mungkin komunitas/lembaga/kelompok/jaringan/ organisasi masyarakat sipil yang ada di Indonesia. Sayangnya, tidak ada daftar/direktori lengkap seperti ini di Indonesia. Karenanya, sekali lagi, kami mohon bantuan Anda sekalian untuk menyebarluaskan survey ini agar tingkat partisipasinya makin luas.

Banyak terima kasih atas partisipasi Anda dalam survey ini – dan untuk menyebarluaskannya.

Salam dan hormat kami,

Yanuar Nugroho (Peneliti dan Pengajar di MIOIR, Universitas Manchester, Inggris – http://www.manchester.ac.uk)
Shita Laksmi (Programme Officer di HIVOS Kantor Southeast Asia basis di Jakarta – http://www.hivos.nl)
http://mbs.qualtrics.com/SE?SID=SV_0cEQLkCyokGzZME

  1. Wednesday, 23 February 2011 at 3:25 pm

    Gimana hasil survey nya mas?apa sesuai yang di harapkan

  1. Sunday, 3 April 2011 at 1:18 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: