menembus jurnal bintang empat: Research Policy! :)

Bagi para skolar inovasi dan kebijakan, salah satu mimpi tertinggi adalah mempublikasikan tulisan di jurnal paling bergengsi di area ini di dunia: Research Policy. Dan syukur kepada Allah, alhamdulillah, halleluya :) tulisan saya akhirnya nongol di jurnal ini. Yeay!!! :) *lebay* Dan tentu saja, ini menerbitkan di RP ini bukan jalan yang gampang dilalui bagi saya yang masih harus belajar banyak ini. Mau tahu ceritanya?

Saya mengirim submisi ke RP 3 Juli 2009. Tulisan yang saya kirimkan adalah intisari thesis PhD saya. Tanggal 25 September 2009 saya menerima surat dari Editor dan dua review. Jawabannya membuat pening. Kedua reviewer mengatakan tulisan itu tidak layak muat dalam kondisi saat itu dan butuh revisi mayor (besar). Si Editor menulis kira-kira demikian, “Melihat skala revisi tulisan yang diusulkan oleh para reviewer, saya menyerahkan kepada Anda apakah Anda mau merevisinya dan mengirimnya kembali kepada kami, atau menarik tulisan ini. Tetapi jika pun anda revisi dan anda kirim, kami tidak bisa menjamin akan diterima.”  Saya bertanya pada mantan pembimbing saya. Yang sepuh bilang ‘terserah’, sementara yang muda bilang, ‘riskan’ — dua jawaban yang tak membantu :-p

Akhirnya saya putuskan saya revisi. Awal Januari 2010 saya bilang ke editor saya butuh waktu 5 bulan. Ternyata tak selesai juga. Baru pada tanggal 30 Agustus 2010 saya bisa mengirimnya. Tanggal 19 November 2010 saya mendapat jawaban dari Editor: reviewer merasa paper saya sudah jauh lebih baik dan meminta memperbaiki aspek-aspek minor. Saya ingat, saya berteriak di kantor saya “Yesss!” – karena itu berarti jalan penerimaan sudah terbuka. Langsung saya revisi sesuai permintaan dan bulan Januari 2011 saya kirim revisi saya. Bulan itu juga, tepatnya 13 Januari 2011, paper saya dinyatakan diterima! Dan memasuki tahap editing bersama penerbit. Akhirnya 8 Maret 2011 paper saya diterima secara prinsipiil, versi online tersedia 7 April, dan terbit dicetak pada 11 May 2011. Silakan dinikmati :)

Research Policy – jurnal bintang empat – memang panjang jalan ke sana … :-)

Semoga ini bukan tulisan terakhir saya di sana. Wish me luck, guys!

  1. mer
    Thursday, 12 April 2012 at 12:25 am | #1

    interesting experience! thanks for sharing. i just recent got mine published at the first tier journal (#2 in the field — J of Comm) — a totally different experience, but i could feel the aura of “the top” splashed from all communications coming from the editor :)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 36 other followers

