Home > Uncategorized > evolusi bahasa indonesia?

evolusi bahasa indonesia?

kawan-kawan,

apakah anda mengamati bagaimana bahasa indonesia digunakan sehari-hari saat ini?

beberapa minggu yang lalu, saya mendapat email dari salah seorang mahasiswa indonesia yang saya bimbing secara informal (konteks: bersama dengan beberapa scholar asal indonesia di universitas manchester, saya mengadakan pertemuan akademik mingguan dengan mahasiswa-mahasiswa master dan undergrad indonesia untuk membantu mereka dalam belajar. forum pertemuan itu namanya reboan, karena diselenggarakan setiap rabu siang). potongan email itu bunyinya begini, ” … tak apalah buat saya, secara saya juga tidak ingin mendapatkan …” — apa maksud kata secara di situ?. bagi saya, kalimat itu ‘ngawur’, atau ‘tak masuk akal’.

contoh lain: email keponakan saya, yang duduk di kelas 2 SMA, berbunyi seperti ini, ” apa kabar pa’dhe? bu’dhe apa kabarnya niy? gimana rencana liburan? salam buwad keluarga”. dahi saya berkerut. “niy”? “buwad”?
baru ketika saya membaca posting bung ciput di sini, saya tersentak. bung ciput juga menggunakan kata “secara” itu dalam postingnya, tetapi digaris-bawah. mungkin karena beliau sadar bahwa penggunaan kata itu bermasalah? karena penasaran membaca posting itu, saya lalu bergabung dengan salah satu komunitas ‘online’ indonesia dan saya mulai melihat apa yang terjadi.

secara acak, saya baca puluhan posting di sana dan kata “secara” –persis dalam konteks yang saya anggap tak jelas di atas– bertaburan. juga kata-kata yang baru bagi saya: “niy”, “dapad”, “mantab”, “banged”, dll. soal campur aduk dengan bahasa inggris dalam satu kalimat atau satu ungkapan? tak terhitung banyaknya.

apa yang sedang terjadi dalam bahasa kita, ya?
Categories: Uncategorized
  1. Friday, 13 April 2007 at 12:00 am

    Itu namanya bahasa gaul katanya. Mbuh aku dhewe yo ora pati mudeng sama bahasa gaul, maklum kurang gaul kali ya, wong namanya hidup “terisolasi” gini. Aku juga baru tahu kalau aka itu singkatan dari as known as. Lha mbuh kuwi secara singkatannya apa.

  2. Friday, 13 April 2007 at 12:00 am

    Huehehehehe, bahasa gaul Mas🙂 walau gak dipake kok di jurnal2 ilmiah🙂 Kan blog sifatnya lebih santai. Soal secara siy *tuh, saya pake kata ‘SIY’ * banyak dibahas di MP kok😀 silahkan klik option search di MP sini dengan tag SECARA, nanti banyak jurnal teman2 MP yg membahas ini bermunculan😀

  3. Tuesday, 17 April 2007 at 12:00 am

    ingat gak kamus gaulnya deby sahertian…

  4. Sunday, 22 April 2007 at 12:00 am

    iya tuh mas, aku kok tdk nyaman jg ya dengan yang beginian. bermula dari iseng, dan bergaya ‘gaul’, bisa-bisa benar-benar jadi misspelling dan misuse …

  5. Wednesday, 9 May 2007 at 12:00 am

    walaupun aku familiar dengan kata2 tsb (secara, buwad, dll)….aku sangat tidak nyaman mendengar, membaca, serta menggunakan istilah2 tsb. bahasa gaul atau slang bukan masalah. semua bahasa memiliki ruang untuk berkembangnya tata bahasa dan kosa kata yang lebih “popular”. misalnya kata2 gue, elu, akhiran dong, dll. kata2 tersebut, walaupun tidak termasuk bahasa indonesia baku, memiliki arti tertentu yang tetap dan tatanan penggunaan yang tertentu pula. tapi dalam perkembangan bhs indonesia yang paling kontemporer, yang terjadi (dan sangat mengganggu) muncul2nya kata2 dan istilah yang tak jelas, baik arti maupun cara penggunaannya, seperti “secara”. maka dengan ini, secara terang-terangan (bukan “secara”) saya menyatakan ketidaksetujuan saya akan penggunaan kata-kata tersebut!!!!😀

  6. Friday, 27 July 2007 at 12:00 am

    mungkin itu salah satu “improvisasi” hidup masyarakat dari negara dunia ketiga yang masih dilanda multi krisis, orang-orang Afrika juga “terampil” menggunakan bahasa Inggris “gaul” (slang)..:D

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

