Home > 0 bahasa indonesia, announcement > Bagi para peserta Bengkel Jurnalistik 2007

Bagi para peserta Bengkel Jurnalistik 2007

Sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Yanuar Nugroho. Saya dipercaya oleh panitia Bengkel Jurnalistik 2007 (selanjutnya saya singkat saja “BJ’07”) untuk memandu diskusi dalam sesi “Penulisan Ilmiah Populer untuk Media Massa” (14.20-15.05). Dari pengalaman saya, diskusi yang baik adalah diskusi yang konkrit sehingga manfaatnya bisa dirasakan, atau setidaknya ‘teridentifikasi’, meski mungkin tak segera bisa direalisasikan. Apalagi, karena orientasi pelatihan BJ’07 yang bersifat praktikal, saya mengharapkan diskusi tersebut juga bisa menanggapi hal-hal yang bermuara praktis, meski tentu saja beberapa pendasaran fundamental tetap diperlukan.Karena itu, agar saya bisa terbantu untuk merancang diskusi yang baik sebagaimana saya jelaskan di atas, saya meminta seluruh peserta BJ’07, tanpa kecuali, untuk mengirimkan terlebih dahulu satu contoh tulisan ilmiah populer yang pernah dibuat selama ini, entah yang sudah pernah dikirimkan ke media massa (baik dimuat ataupun dikembalikan), ataupun yang belum pernah dipublikasikan.

Tulisan tersebut tidak akan saya sebarluaskan dan akan saya perlakukan secara anonim sebagai bahan diskusi. Untuk itu mohon ketentuan teknis ini bisa dipenuhi:

  1. Panjang tulisan maksimal 1200 kata (untuk tulisan berbahasa Indonesia) atau 800 kata (untuk tulisan berbahasa Inggris)
  2. Indikasikan di awal tulisan, apakah tulisan tersebut sudah pernah dikirim ke media massa atau belum. Jika sudah, mohon sebut nama medianya dan apakah tulisan tersebut dimuat atau tidak. Jika dimuat, di edisi berapa (tanggal).
  3. Dikirimkan dalam format *.doc, *.rtf atau *.pdf ke salah satu alamat email saya di bawah.
  4. Saya minta selambatnya hari Rabu (18 April 2007) jam 16.00 sudah saya terima, agar saya punya waktu cukup untuk membaca dan menjadikannya bahan diskusi.

Sekali lagi, saya mohon semua peserta memenuhi permintaan ini. Jangan merasa sungkan atau malu mengirimkan bahan tulisan meski Anda belum pernah sekalipun menulis di media massa. Saya akan menggunakan bahan yang Anda kirimkan untuk sekaligus mencoba memperkirakan jenis dan menduga kedalaman materi yang Anda butuhkan dan bisa saya sampaikan dalam diskusi di BJ’07 tersebut.

Saya tunggu tulisan Anda sekalian!

Salam hormat,

y

———————————-

Yanuar Nugroho

yanuar.nugroho AT manchester.ac.uk

yanuar.nugroho AT gmail.com

  1. Tuesday, 17 April 2007 at 8:36 am

    good luck mas….. seandainya saya di mcr, saya pasti ikut….:)

  2. atambua
    Monday, 4 June 2007 at 10:36 am

    Menarik sekali. Seandainya ada kegiatan seperti ini di Indonesia mohon diinformasi (bmluan@yahoo.com). Trims

  3. Yakub
    Thursday, 7 June 2007 at 3:05 am

    Kegiatan pelatihan menulis ini memang dibutuhkan Mas, FKEKK KAS Angkatan 2006 kemarin juga bikin pelatihan menulis (dalam kerangka pelatihan ansos). Profisiat Semoga Sukse

  4. Wednesday, 27 June 2007 at 2:03 am

    Saya link Anda di blog Indonesia saya ya.🙂 Salam dari sesama penulis dan “doyan sekolah.”

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

